Jumat, 11 April 2014

Kartu kuning = kartu penderitaan

"they said that they work for the people, but the fact is they just playing around, doing nothing, and we paid for them . bah, what the .... miserable reality ".

itu  adalah status yang gue pasang hari ini di akun Facebook gue hari ini. Status itu juga merupakan gambaran kekesalan gue atas ribetnya birokrasi negri ini. hell oooooo !!!

hari ini gue ceritanya mau bikin kartu AK/I alias kartu kuning, sebagai salah satu syarat melamar pekerjaan di sebuah instansi pemerintahan. Selama ini, meskipun gue tinggal di wilayah kabupaten Bekasi, namun hari2 masa muda gue lebih banyak gue habiskan di wilayah DKI jakarta. ya, karna emang domisili rumah gue lebih deket ke jakarta dibanding ke Bekasi. 

Singkat cerita, karena pembuatan kartu kuning biasa dilakukan di DEPNAKER setempat, gue berusaha browsing, dan ternyata ada beberapa depnaker di Bekasi. salah satunya adalah DEPNAKER Bekasi kota di seberang GOR Bekasi deket jembatan Summarecon. tapi, karna temen2 gue yang tinggal di jakarta bilang kalo kartu kuning bisa dibikin di kecamatan, yooweess gue coba-coba ke kecamatan Tarumajaya. lalu, si mba nya bilang : "oh disini gabisa bikin kartu kuning, kalo mau ke depnaker kabupaten di Cikarang deket Delta Mas". TOOeeennggg !!!!! HELL ooooo !!!! you know what ?! itu tuh udah perbatasan cikarang karawang, sedangkan domisili gue deket priok. So so so annoyed men !!!

dengan tenang gue bilang sama diri gue sendiri kalo si mba itu sotoy. dia aja gatau kalo DEPNAKER itu ga cuma ada di Cikarang aja. tapi ada di Bekasi juga. lalu meluncurlah gue ke DEPNAKER Bekasi, namun naas sodara-sodari, gue malah pengeeennnnnn banget ngelempar bangku ke penjaga loketnya. akibat percakapan yang terjadi di bawah ini :

gue : "permisi, saya mau bikin kartu kuning"
doi : "oh yaudah mana berkasnya?"
gue : *ngasih map yang isinya ijasah, fc ktp sama foto*
doi : *seketika* "oh gabisa ngurus disini dek, ngrusnya di DEPNAKER Cikarang di Delta Mas"
gue : "loh, kenapa gabisa disini bu?" *muka bloon, kebingungan*
doi : "iya klo disini bisanya tingkat kotamadya, kalo kabupaten kesana"
gue : *menerapkan slogan 'malu bertanya sesat di jalan', "selain di Cikarang dmana lagi ya bu bisa bikin kartu kuningnya?'
doi : "di kecamatan tambun. "
gue : "dimana itu bu ?"
doi : "tau kompas?'
gue : "engga bu"
doi : "pasar?"
gue : "engga bu. "
doi : " taunya apa kamu?"
gue : "saya gak tau apa2, soalnya itu bukan daerah rumah saya bu"
doi : "yah kalo gitu ke laut aja dek".

JJEEDDDAAARR ! pengen gue cekek rasanya tuh mba2. ditanya baik2, jawabnya malah gitu. gue udah wara-wiri dari pagi, hasil nihil, trus dapet pelayanan super kampret ! gue heran, kata negara kita negara teramah di dunia. kenyataannya mana ?! udah berkali-kali gue berurusan sama instansi yang boro2 ramah, yang ada malah bikin sakit hati. Masih mending pegawai biasa yang punya tingkat keramahan tinggi, bahkan terkadang terkesan lebay, tapi itu masih lebih baik dari pada sinis. Astagfirulloh !!!!!! huuufftttt .... 

dan satu hal yang bikin gue heran, masa iya dengan domisili rumah yang bisa dibilang sangat jauh dari si kota CIkarang itu, gak ada kantor cabang untuk ngurus surat2 penting ya yg berhubungan sama kependudukan, kepegawaian atau pajak. ya masa semua kantor pemerintahannya di Cikarang ? wooiiii pemerintah woiiiii, bayangkan kalau anda jadi kami, bukannya semakin mudah, malah sulit . kayaknya gue gak merasakan sama sekali modernisasi di wilayah tempat tinggal gue. serba jauh dari mana2. serba sulit ngurus apa2 . PUNGLI dimana2 . huh, gue mau PINDAH !!!

Gue sangat berharap, PEMILU kali ini, akanmemihak kehidupan gue walaupun sedikit. ya ada pemekaran daerah terpencil kaya disini. meskipun sebenarnya gak terlalu terpencil, tapiiiiiii tanpa disadari itu mempersulit kehidupan disini. terutama pekerjaan. mungkin gak terasa bagi sebagian org, namun dampaknya luar biasa bagi yang lainnya.

oke, dan sekarang dengan rasa BETE yang amat sangat namun tidak diimbangi dengan kondisi badan, gue merasa lelah+sedih . huh, cuma selembar kartu kuning pak, bu ....... sukses bikin gue STRESSS hari gue kelabu. okay, udah mulai bete lagi . Lets finish it !!

night !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar