Jumat, 28 Agustus 2015

Menikah. Menikah.  Menikah.

Akhir2 seringggg banget diundang kenikahan temen. Sampe2 tetangga bilang, "keundangan terus, ngundangnya kapan?". Kemudian terlintas iya ya,  kapan gue nikah?  Giliran gue kapan? " . Lalu gue cuma bisa jawab, "ya kalo ga sabtu, minggu lah".

Minggu kemaren gue ke nikahan kakanya vety, temen kuliah gue di UNJ. Ka vera namanya. Dia menikah setelah 8 tahun pacaran. Wow. Seharusnya kalo udah punya anak, udah masuk sd ya. Ketika mau naik ke pelaminan buat salaman sama pengantinnya, salah satu temen gue nyeletuk. "Enaknya kalo kita bisa nikah sama orang yang kita cinta". hmmmm...

Apa jadinya kalo kita nikah sama orang yang salah? I mean nikah sama orang yang ga tepat. Ga tepat disini maksudnya mungkin orang itu ga bisa menerima diri kita apapun kelebihan dan kekurangan kita, atau ternyata orang yg kita nikahin adalah orang yang syaiko *ji kan gawat. Dan juga banyak kemungkinan yang lain.

Menikah juga bukan hal sesederhana pacaran. Dalam pacaran, ketika kita tau bahwa pasangan kita bukanlah orang yang tepat, maka ya tinggal bilang putus. Beda dengan pernikahan. Pernikahan ga sesimpel itu. Di dalamnya ada janji.  Janji dengan sesama manusia dan juga janji terhadap tuhan. Nah loh makanya hati2 sebelum memutuskan buat menikah. Ditimbah, ditakar. Kalo perlu diputer dijilat dan dicelupin. Biar lebih pasti. Inget menikah itu selamanya. Married is stick with the same person for the rest of our live. Ga kebayang kan kalo seumur hidup menikah dengan orang yang salah? Maka nya banyak orang memilih pacaran sebagai jalan untuk mengenal seseorang sebelum menikah.

Masa pacaran sebenarnya adalah masa penjajakan, masa2 pengenalan supaya tau orang yang bakalan kita nikahin itu baik atau engga *kalo pacarannya serius* kata orang sih begitu. Kalo cocok ya menikah. Kaao engga ya udah. Menguap begitu aja. Masalahnya adalah kebanyakan dari kita ga pernah tau pacar kita sekarang adalah jodoh kita atau bukan?  Am I right?  Pasalnya ga sedikit juga yang udah pacaran lamaaaaaaa eh nikahnya malah sama orang lain. Entah nikah sama orang yang dijodohin orang tuanya, entah sama orang yang baru dikenal, atau bisa juga sama selingkuhannya. Ya namanya jodoh, rahasia Allah. Pacaran itu sangat berbeda dengan kuliah. Selama-lamanya kuliah, insyaa Allah bakalan lulus juga *curhat mel?* . Lah kalo pacaran ? Situ jamin bakalan naik pelaminan juga? Entahlah.

Lalu apa gunanya pacaran kalo ga menjamin ke pernikahan?  Buat apa kenalan lama2 kalo akhirnya putus juga. Dinikahin engga, digrepe2 iya, sakit hati iya. So pleaseeee lamar gue dong.!!!! *eh

Semoga kita semua bisa menikah dengan orang yang kita cinta dengan ridho Allah. Orang yang membuat kita jatuh cinta setiap hari tanpa pernah merasa bosan. Orang yang bisa membuat kita lebih dan semakin mencintai sang pencipta. Aamiin Allahumma aamiin.


"ya Allah, berilah aku rezeki cinta Mu dan cinta orang yang bermanfaat buat ku cintanya di sisiMu. Ya Allah segala yang Engkau rezekikan untukku diantara yang aku cintai, jadikanlah itu sebagai kekuatanku untuk mendapatkan yang Engkau cintai. Ya Allah, apa yang Engkau singkirkan diantara sesuatu yang aku cintai, jadikan itu kebebasan untuku dalam segala hal yang Engkau cintai." (H R. Al-Tirmidi)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar